Home » » Macam - Macam Masker Alami

Macam - Macam Masker Alami


Macam - Macam Masker Alami - Memiliki wajah yang cerah dan kencang serta tidak kusam adalah impian semua wanita. Wajah bebas minyak dan bebas jerawat juga idaman semua wanita. Disela - sela waktu senggang apa salahnya jika kita sekali - kali memanjakan wajah kita dengan menggunakan masker alami, walaupun agak ribet namun masker alami ini bebas dari bahan kimia dan tidak berbahaya bagi kulit wajah.

Berikut ini macam - macam dari masker alami.

1. Masker Beras
Masker beras ini terkenal dapat memutihkan wajah dan mencerahkan wajah sehingga tidak wajah tidak tampak kusam. 

Caranya :
Rendam 3 sendok makan beras selama semalam. Lalu tumbuk beras tadi sampai halus, jemur dan keringkan. Tambahkan madu secukupnya, aduk rata hingga menjadi satu. Oleskan pada seluruh wajah kecuali bagian mata. Diamkan ± 20 menit, lalu bilas dengan air dingin, lakukan secara rutin minimal satu minggu sekali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
 


2. Masker Putih Telur

Masker telur elain untuk menghilangkan komedo, juga dapat mengatasi kulit kering, noda hitam bekas jerawat, kulit berminyak, mengencangkan wajahdan juga dapat mempercepat proses regenerasi kulit wajah.

Caranya :
Ambil 1 butir telur pisahkan putih dan  kuning terlur. Gunakan putihnya saja. Oleskan merata pada wajah kecuali di seputar bibir dan mata. Diamkan sekitar 15 menit, hingga putih telur mengering dan wajah terasa ditarik - tarik, usahakan jangan banyak bergerak agar masker dapat bekerja dengan maksimal. Lalu bersihkan dengan air hangat.

3. Masker  Madu
Masker Madu mengandung antiseptic yang ampuh membunuh bakteri yang menempel pada wajah sehingga menyebabkan jerawat  Masker madu sangat cocok bagi yang  memiliki kulit yang sensitif.

Caranya :
Olehkan madu diseluruh wajah, pijit perlahan - lahan, terutama bagian pipi dan dahi. Diamklan 15 menit. Lalu basuh dengan air hangat.


4. Masker Alpukat
Alpukat mengandung  asam amino dan vitamin dan cocok digunakan sebagai masker utnuk pencegah penuaan dini,  juga bermanfaat untuk melembabkan wajah, sangat dianjurkan pada pemilik kulit kering, kulit wajah yang berminyak, jangan menggunakan masker alpukat.

Caranya :
Haluskan daging alpukan, lumat sampai halus, lalu oleskan pada wajah, diamkan selama ±15 menit, sampai masker mengering. Lalu bersikan dengan air hangat.

5. Masker Mentimun
Buah Mentimun mengandung senyawa yang baik untuk kulit. Perlu diketahui bahwa mentimun dapat melumpuhkan melanin penyebab warna gelap pada kulit, dapat mengusir jerawat. dan bukan hanya buahnya saja, kulit mentimun pun juga dapat bermanfaat untuk menghilangkan flek hitam pada wajah. Mentimun sangat efektif untuk mendinginkan wajah. Terutama bagi yang sering terkena sinar matahari. 

Caranya :
Oleskan parutan mentimun pada  seluruh wajah. Setelah kering bilas dengan air dingin. Lakukan secara rutin  sebelum tidur. Masker ini akan menyisakan hawa dingin pada kulit wajah.

6. Masker Bengkuang
Masker bengkuang ini sangat terkenal khasiatnya untuk memutihkan kulit. Banyak bahan - bahan make-up yang berbahan baku dari bengkuang untuk memutihkan kulit yang gelap maupun kusam seperti lulur bengkuang, masker bengkuang, pembersih / penyegar bengkuang, facial foam bengkuang dan lain - lain. Bengkuang banyak mengandung vitamin B1, vitamin C, serta kandungan mineral seperti fosfor, zat besi, kalium, hingga retinon.

Caranya :
Kupas bengkuang dan cuci yang bersih, setelah itu blender bengkuang sampai halus. Untuk hasil yang maksimal, campurkan sedikit madu asli dan perasan jeruk nipis. Oleskan pada wajah, tunggu sampai benar - benar mengering. Dan bilas dengan air hangat. Lalukan secara rutin minimal satu minggu 1x, agar mendapat hasil yang maksimal.

7. Masker Tomat 
Buah tomat bukan hanya sebagai minuman jus atau pelengkap masakan. Buah tomat juga bermanfaat untuk wajah. Buah tomat mengandung protein, fosfor, besi, belerang, vitamin A, B 1, dan C, yang berfungsi untuk menghaluskan wajah, menghilangkan noda, serta mencerahkan dan membuat wajah kencang, menghalau kelebihan minyak, memelihara keremajaan kulit, menyegarkan, melindungi kulit dan mencerahkannya.


Caranya :
Abil buah tomat dan peras, ambil airnya saja, gunakan perasan air tomat tadi sebagai masker, diamkan sampai masker tadi mengering, lalu bilas dengan iar bersih. Tidak berbahaya jika digunakan setiap hari.

8. Masker Lidah Buaya
Tanaman lidah buaya terkenal manfaatnya untuk kesehatan rambut, namun  juga bermanfaat untuk kesehatan kulit tubuh maupun kulit wajah, banyak bahan produk kosmetik yang menggunakan lidah buaya ini sebagai bahan bakunya.

Caranya : 
Ambil sebatang lidah buaya lalu kupas kulitnya, olehkan merata pada wajah, diamkan sekitar 15 menit, lalu bilas dengan iar bersih. Lidah buaya akan mendinginkan wajah anda serta mengatasi kulit kering, wajah terasa segar, juga dapat menghilangkan bekas jerawa.

9. Masker Jeruk Nipis


Jeruk nipis terdapat  unsur-unsur senyawa kimia diantaranya  limonen, linalin asetat, geranil asetat, fellandren, sitral, dan asam sitrat yang bermanfaat mencegah keriput dan mencerahkan wajah serta menghilangkan noda.

Caranya :
Peras jeruk nipis, gunakan airnya sebagai masker, oleskan pada seluruh wajah lalu diamkan sampai air jeruk nipis tadi mengering. Setelah itu bilas dengan air dingin.


10. Masker Buah Apel
Masker buah apel sangat dianjurkan untuk kulit yang sensitif. Mampu menghilangkan jerawat dan mengurangi kadar minyak yang berlebih pada wajah.

Caranya :
Haluskan buah apel dengan di blender, tambahkan sedikit air saat diblender, lalu gunakan sebagai masker wajah, oleskan pada seluruh wajah, diamkan beberapa menit sampai mengering, lalu bilas dengan air hangat. Aman bila dilakukan setiap hari.




NB : Sebelum menggunakan masker. Cuci bersih wajah anda, agar saat menggunakan masker, wajah anda terbebas dari kuman.

Demikianlah beberapa macam masker alami yang bebas dari bahan kimia, semoga bisa menambah pengetahuan dan bisa dipraktekkan bila memiliki waktu senggang.


0 comments:

Post a Comment