Home » » PENYAKIT BISUL

PENYAKIT BISUL

PENYAKIT BISUL - Siapa yang tidak kenal dengan bisul? Penyakit yang sangat menyakitkan ini memang sangat sepele dan di anggap jijik. Orang lain boleh saja menganggap itu adalah hal yang jorok, namun taukah anda jika si penderita bisul itu sangat menderita karena nyeri bengkak, kadang tibul demam ? Inilah fakta – fakta tentang bisul yang sangat menyakitkan.


Bisul (abscessus ) adalah penyakit kulit menular yang mengandung darah kotor serta timbunan nanah (neutrofil mati ) dipermukaan kulit/di dalam kulit . Ciri – ciri umum adalah bisul terlihat menonjol, kemerahan, dan jika diraba terasa hangat. Bakteri adalah penyebab utama bisul, bukan karena infeksi. Bisul merupakan kotoran yang tidak dapat dikeluarkan oleh tubuh melalui alat – alat pengeluaran, sehingga kotoran tersebut keluar melalui pori – pori kulit sehingga menimbulkan peradangan yang menyebar ke daerah kulit. Bisul yang sudah pecah dan mengering akan meninggalkan bekas.

Jenis – Jenis Bisul
  • Furunkel atau bisul merupakan infeksi yang luas mengenai jaringan – jaringan di seluruh bagian folikel rambut dan jaringan subkutaneus di sekitarnya. Penyebabnya karena adanya bakteri stafilokokus, bakteri dan jamur. Bisul furunkel ini biasanya dapat timbul pada daerah leher, payudara, wajah dan bokong, telinga, hidung dan jari – jari tangan.
Furunkel merupakan bagian ruam kulit yang berwarna merah dengan benjolan keras dan mengandung nanah. Lalu benjolan keras ini berfluktuasi dan tengahnya akan mengandung sekumpulan darah putih atau kuning membentuk pustula atau mata bisul. Bisul dapat pecah dengan sendiri atau dipencet dan mengeluarkan nanah yang terkadang bercampur dengan darah. Apabila disertai rasa nyeri sifatnya ringan sampai sedang. Beberapa diantaranya terlihat kulit kemerahan atau meradang, terkadang disertai demam, lelah dan tubuh tidak fit. Apabila bisul timbul di sekitar hidung biasanya akan diberikan antibiotik per-oral (melalui mulut) karena infeksi bisa dengan segera menyebar ke otak.

  • Ada lagi jenis bisul yang menyebabkan demam dan badan menjadi terasa lelah yaitu bisul Karbunkel. Bisul karbunkel merupakan sekumpulan bisul disebabkan oleh bakteri stafilokokus yang mengakibatkan kulit mengelupas dan berbentuk jaringan parut, dan bisul ini lebih sulit di sembuhkan ketimbang bisul tunggal karena bisul ini merupakan beberapa bisul yang menjadi satu, memiliki beberapa titik nanah dan lebih dalam dibawah kulit..
    Bagi mereka khususnya pria yang memiliki riwayat penyakit diabetes, dermatitis dan mengalami gangguan system kekebalan tubuh akan mudah terkena bisul karbunkel ini dan sering bertempat pada leher bagian belakang. Bisul karbunkel ini dapat menular ke bagian tubuh lain maupun orang lain. Karbunkel dapat menyebabkan keropeng jika pech dan mongering. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk menggunakan sabun antibakteri, antibiotic per-oral dan antibiotic topical seperti krim atau salep.
Beberapa factor penyebab timbulnya Bisul Karbunkel :
  • ·    Tingkat kebersihan yang buruk.
  • ·    Keadaan fisik yang menurun.
  • ·    Gesekan dengan pakaian.
  • ·    Pencukuran.
Kompres hangat dapat membantu mempercepat penyembuhan. Jangan dipenncet atau mencoba memecahkan karbunkel di rumah, karena dapat memperburuk dan menyebarkan infeksi. Jika nanahnya sudah mengering, luka yang tertinggal harus sering dibersihkan dan sesudah menangani karbunkel, tangan harus dicuci bersih-bersih.

Penyebab Umum Timbulnya Bisul
  • Terganggunya sistem imunitas tubuh, terutama pada mereka yang memiliki penyakit atau resiko terhadap diabetes yang kadar gula darahnya tinggi dan penderita anemia.
  • Suhu dan iklim tempat tinggal yang cenderung tinggal di daerah tropis atau panas yang memicu pengeluaran keringat berlebih.
  • Lemahnya daya tahan tubuh yang memudahkan penyakit apapun mudah menyerang termasuk infeksi yang disebabkan oleh bakteri atau jamur.
  • Pengeluaran darah kotor yang tidak langsung dibersihkan sehingga menimbulkan penyebaran bakteri dan kuman.
  • Produk makanan tertentu, terutama pada produk makanan yang mengandung bahan pengawet yang tinggi, mengandung lemak jenuh dan kalori. Produksi lemak dan menumpuknya lemak dalam tubuh secara berlebihan akan menempel pada dinding jaringan pembuluh darah yang membuat plak sehingga memudahkan terjangkit suatu penyakit yang masuk kedalam tubuh.
  • Pakaian yang kurang bersih atau menggunakan pakaian yang sama selama berhari-hari.
  • Kelenjar minyak pada kulit yang tersumbat
Bisul timbul dari bakteri yang masuk melalui kelenjar keringat kemudian menembus hingga ke akar rambut pada ruam kulit yang terinfeksi bakteri, kemudian bisul kecil akan mulai membesar dengan pinggiran kulit yang memerah dan bagian tengah bisul dengan sekumpulan nanah atau darah putih yang mengandung bakteri dan kuman.

Bisul yang memecah akan mengeluarkan nanah, darah dan mata bisul. Nanah merupakan sekumpulan darah putih yang banyak mengandung bakteri yang mungkin dapat menyebar di tempat lainnya kemudian menumbuhkan bisul baru. Bisul sebaiknya jangan dipencet, karena hanya akan membuat bisul dan kulit semakin terinfeksi.

Banyak orang yang terkena bisul untuk memecahkan bisul dengan cara dipencet, bisul dapat memecah dengan sendirinya ketika bisul sudah matang atau membesar dalam keadaan yang hangat dan lembut. Bisul dapat dihilangkan dengan menggunakan salep atau obat antibiotik untuk menghilangkan bisul. Selain itu memencet bisul hanya akan menyebarkan bakteri dan memberi kesempatan terjadinya infeksi sekunder.
Kuman-kuman staphylococcus aureus akan memasuki aliran darah dan kemudian meracuni darah dan timbullah bisul baru.

Cara Mengobati Penyakit Bisul
  1. Olesi bisul dengan salep antibiotic / salep hitam.
  2. Bila bisul pecah, cucilah bisul dengan air bersih
  3. Kompres bisul dengan cairan antiseptic sebanyak 3-4 kali sehari untuk membersihkan nanah dan jaringan mati yang menempel di kulit.
  4. Bila bisul besar dan dalam, tutuplah dengan kasa steril yang telah diberik salep antibiotic.
  5. Bisa juga meminum Obat Kembang Bulan 
  6. Bila bisul banyak dan anak mengalami demam bawa anak ke dokter karena kemungkinan anak memerlukan obat antibiotic minum.
Cara Lain Mengobati Penyakit Bisul
  • Ambil putih telur kemudian campurkan putih telur dengan 1 sendok teh madu, aduk hingga rata. Kemudian oleskan campuran putih telur dengan madu pada bekas bisul, biarkan hingga mengering dengan sendirinya. Ketika kering, bersihkan dengan lap/kain bersih yang telah direndam air hangat.
  • 1 siung bawang merah di haluskan, kemudian tempelkan pada bekas bisul, hingga bawang merah mengering, kemudian bersihkan kembali dengan lap/kain yang bersih telah direndam air hangat.
  • Ampas teh yang diendapkan semalaman, lalu gosokkan ampas teh tersebut dengan perlahan ke bagian kulit yang terkena bisul, kemudian bilas kembali kulit yang terkena bisul dengan air biasa.
  • Menggunakan Daun Bayam karena dipercaya dapat mengobati bisul.
Caranya:
  1. Petiklah 1-2 lembar daun bayam yang masih segar.
  2. Cucilah hingga bersih dengan air mengalir.
  3. Tumbuklah atau lumatlah daun bayam, bisa menggunakan telapak tangan hingga lumat.
  4. Tambahkan sedikit garam.
  5. Tempelkan Pada bagian tubuh yang terkena bisul, tapi jangan sampai menutupi mata bisul.
  6. Daun bayam dan garam akan memberikan efek dingin pada bisul yang berasa panas dan berdenyut-denyut.
  7. Lakukan cara ini beberapa kali sehari hingga bisul anda sembuh.
  • Menggunakan Daun Cabe
Caranya:
  1. Petiklah segenggam daun Cabe
  2. Cucilah hingga bersih menggunakan air mengalir.
  3. Tumbuklah daun cabe hingga halus.
  4. Kemudian campurlah dengan 1 sendok teh minyak kelapa, aduk hingga tercampur rata.
  5. Selanjutnya oleskan pada bagian tubuh anda yang terkena bisul, tetapi jangan sampai menutupi mata bisul.
  6. Diamkan hingga ramuan mengering dengan sendirinya.
  7. Lakukan cara ini beberapa kali sehari hingga bisul anda pecah dengan sendirinya.
  • Menggunakan Bawang Putih
Caranya:
  1. Siapkan Beberapa siung bawang putih.
  2. Parutlah hingga halus, atau bisa juga ditumbuk hingga lumat.
  3. Tempelkan atau oleskan pada bagian tubuh yang terkena bisul, tapi jangan sampai menutupi mata bisul.
  4.  Efek dari pengobatan ini agak sedikit panas, tapi dengan begitu akan memperlancar peredaran darah di sekitar bisul sehingga membuat bisul cepat naik dan pecah alias cepat matang.
  5. Lakukan cara ini beberapa kali sehari hingga bisul anda pecah dengan sendirinya.

  • Daun Sirih
Caranya:
  1. Petiklah beberapa lembar daun sirih.
  2. Cucilah hingga bersih.
  3. Rebus hingga mendidih.
  4. Dinginkan air rebusan hingga menjadi hangat, kemudikan seka kan ke bisul yang sudah mulai pecah.
  5. Anti biotik yang terkandung pada daun sirih akan membasmi bakteri yang ada pada nanah dari bisul.
Cara membuat salep Antibiotik Alami
  1. Parut setengah buah kentang yang telah dikupas dan dicuci bersih
  2. Peras kentang yang telah diparut
  3. Letakkan parutan kentang diatas bisul, lalu tutup dengan kasa steril.
  4. Setelah bisul pecah, bersihkan area bisul dengan kapas steril
 Cara Mengatasi Peradangan Pada Bisul
  • Kompres bisul dengan air hangat [Ingat : Usahakan untuk tidak memencetnya]
  • Lalu oleskan salep antibiotik.
  • Cara lainnya untuk mengatasi bisul adalah dengan merendam bagian tubuh Anda yang terkena bisul dengan air garam. Antibiotik pada air garam akan membantu mengatasi bisul secara tidak langsung.
Penyakit bisul dapat menyerang semua kalangan dan usia. Bakteri stafilokokus ini tidak hanya terjadi pada bisul nanum dapat menyebar melalui pembuluh darah dan menyebabkan abses pada organ dalam seperti paru-paru, tulang (osteomielitis) dan lapisan dalam dari jantung dan katupnya (endokarditis).

Untuk pencegahan agar tidak terkena penyakit kulit bisul amatlah mudah caranya. Menjaga kebersihan diri dengan mandi yang bersih dan menggunakan sabun serta menjaga juga kebersihan lingkungan maka penyakit bisul yang menyiksa kulit akan mampu dihindari. Jangan lupa juga untuk selalu menjaga asupan gizi yang cukup diperlukan oleh tubuh. Bukankah badan yang sehat akan mampu menghindarkan diri dari penyakit serta meningkatkan imunitas tubuh.

4 comments: