Home » » Makanan Pencegah Kanker Payudara

Makanan Pencegah Kanker Payudara

Makanan Pencegah Kanker Payudara - Menjalani hidup sehat ternyata memiliki segudang manfaat, salah satunya adalah terhindar dari berbagai penyakit. Penyakit akan sukar masuk ke dalam tubuh kita, karena kita memiliki daya kekebalan tubuh yang sangat kuat. Namun jangan malas untuk rajin berolahraga, agar dalam tubuh kita tidak tertimbun banyak lemak. Kaum hawa sangat dibayang - bayangi oleh rasa takut terhadap penyakit kanker payudara. Di Indonesia, prevalensi kanker payudara mencapai 26 per 100.000 penduduk. Dapat diartikan dari 100.000 penduduk, terdapat 26 perempuan menderita kanker payudara.


Oleh karena itu, dari pada kita harus mengobati, ada baiknya jika kita mencegahnya agar tidak datang pada diri kita. Jika seorang wanita sudah terkena atau ter-diagnosa kanker payudara, maka sel - sel tumor yang ada di dalam payudara mereka telah di luar kendali tubuh yang bersangkutan. Untuk mencegahnya kita harus menjalani hidup sehat dan diet makanan yang berlemak, bisa di ganti dengan makanan yang ber-omega 3 seperti ikan salmon, tuna, minyak ikan, kembang kol, bayam dan telur.

Berikut ini makanan yang dapat mencegah timbulnya kanker payudara :


  • Tomat 

Tomat mampu mencegah sel kanker payudara berkembang, karena tomat mengandung lycopene, antioksidan yang dapat memerangi sel kanker payudara. Lycopene sendiri merupakan phytonutrien yang mampu mencegah berbagai kanker seperti kanker prostat, kanker payudara, kanker paru - paru dan kanker penkreas. Oleh karena itu, jika anda memasak, jangan lupa masukkan tomat didalamnya. Atau bisa juga di minum dalam bentuk jus. Tomat juga bisa sebagai masker wajah, yang dapat menghilangkan jerawat.


  • Brokoli 

Brokoli memiliki kandungan sulforaphane yang tinggi yang merupakan bentuk dari antioksidan. Brokoli kaya akan indol-3-karbonal yang dapat melawan sel - sel  kanker payudara. Brokoli juga mengandung beberapa senyawa yang berfungsi menyingkirkan zat beracun penyebab kanker (carcinogenic toxins), mengurangi mutasi DNA, mendorong matinya sel - sel kanker payudara, mencegah penyebaran kanker payudara, membantu mencegah berkembangnya jenis tumor jinak menjadi jenis tumor ganas, juga dapat mencegah hormon estrogen menstimulasi pertumbuhan sel kanker payudara. 

Sangat disarankan untuk mengkonsumsi brokoli dalam keadaan mentah sebagai lalapan, karena memasak brokoli akan menghilangkan hingga 90% kandungan sulforaphane. Karena zat ini sangat penting bagi brokoli dalam memberi kemampuan sebagai sayuran anti kanker payudara. Walau pun brokoli bisa saja di masak dengan berbagai macam cara seperti di sayur, di goreng, di kukus, di rebus. Namun yang terbaik adalah di konsumsi mentah.

  • Ikan Salmon 

Mengkonsumsi ikan salmon akan menurunkan resiko terkena kanker payudara. Kandungan Omega-3 dalam ikan salmon sangat besar, Omega-3 dalam minyak ikan bisa mengurangi peradangan, dimana peradangan inilah sebagai pemicu timbulnya kanker payudara. Ikan salmon juga terdapat Vitamin D dan Vitamin B12. Ikan salmon kaya  akan kandungan asam docosahexaenoic (DHA) yang dapat membunuh sel kanker payudara. Wanita yang rutin mengkonsumsi ikan salmon akan mengalami penurunan terkena kanker payudara sebesar 14 persen. 

  • Jamur 

Sering mengkonsumsu jamur dapat terhindar dari kanker, karena jamur memiliki sifat yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Cremini, tiram dan jamur shiitake, mengandung antioksidan seperti L-ergothioneine yang berfungsi menurunkan pembentukan sel kanker payudara. Beta-glukan dan asam linoleat terkonjugasi dalam jamur memiliki efek anti karsinogenik dapat menekankan efek dari elemen menyebabkan kanker yang disebut estrogen. 

  • Bayam 

Wanita yang banyak mengkonsumsi makanan tinggi folat seperti bayam mempunyai resiko kanker payudara 40 persen lebih rendah dibandingkan yang tidak. Oleh karena itu seringlah mengkonsumsi bayam, agar terhindar dari kanker payudara saat usia kita akan terus bertambah. Selain itu bayam juga dapat mengatasi anemia karena kaya akan zat besi.



  • Kedelai 

Kedelai mengandung senyawa isoflavon yang berfungsi sebagai estrogen saat berada di dalam tubuh. Ketika estrogen dalam tubuh tinggi, isoflavon dalam kedelai tidak akan merusak estrogen alami yang terdapat di tubuh yang bisa menyebabkan kanker payudara. Ketika wanita memasuki masa menopouse, maka isoflavon akan bertindak sebagai estrogen di dalam tubuh meskipun tidaklah kuat. Kandungan fitoestrogen dalam kedelai mampu mecegah dan membatasi kanker payudara dengan efek karsinogenik dari estrogen. Biasakan diri anda untuk mengkonsumsi makanan dari kedelai seperti tempe, tahu, atau susu kedelai murni mulai sejak dini karena sangat berguna di usia tua nanti yang dapat mencegah timbulnya kanker payudara.


  • Buah Delima 

Buah delima mengandung senyawa asam alellagic [antioksidan yang bisa menghambat enzim yang berperan dalam perkembangan kanker payudara].  Buah delima mengandung senyawa kimia yang mampu mengurangi resiko terbentuknya hormon yang menyebabkan kanker payudara. Buah delima ini mengandung fitokimia dan kandungan polifenol antioksidan. Kedua senyawa tersebut berfungsi menghambat enzim perkembangan estrogen, karena kanker payudara dipengaruhi oleh estrogen. 


  • Bawang Putih 

Bawang putih banyak mengandung vitamin C, vitamin B, mineral P, Ca dan K serta Fe yang dapat membantu menghambat pertumbuhan sel kanker payudara. Komponen allyl sulfur seperti diallyl sulfide, diallyl disulfide, diallyl trisulfide, S-allyl cysteine, S-allylmercaptocysteine, allicin, dan ajoene. Zat-zat tersebut mencegah pembentukan dan pengaktifan nitrosamin di dalam tubuh, juga memblokir aflatoxin, azoxymethane, benzo(a)pyrene, dan lain-lain, yang kesemuanya merupakan zat karsinogen (pemicu kanker). 


  • Blueberry 

Fitokimia dan phytonutrisi pada blueberry dapat menghentikan pertumbuhan dan penyebaran kanker payudara. Dalam blueberry memiliki banyak kandungan antioksidan yang sangat powerful, terutama anthocyanin dan asam ellagic. Kedua zat tersebut berfungsi mengurangi kerusakan akibat radikal bebas pada sel-sel yang sehat,  buah blueberry  juga dapat memperlambat pertumbuhan kanker payudara, kanker mulut, kanker usus, dan kanker prostat. 

  • Rumput Laut

Rumput laut berfungsi menurunkan kadar serum estradiol pada wanita dan memiliki sifat phytoestrogenic. Dalam rumput laut ini mengandung chlorophylones, asam lemak yang dapat membantu dalam pencegahan kanker payudara. Rumput laut juga mengandung fucoidan, yang telah ditemukan dalam studi untuk menginduksi apoptosis (kematian sel) dari sel-sel kanker. 

Mulailah dari sekarang untuk hidup sehat, hindari makanan instan, dan olahraga yang rutin, itulah kunci dari hidup sehat. Karena kanker payudara ini sangat mematikan. Boleh mengkonsumsi makanan instan, namun harus di imbangi dengan minum air mineral yang banyak, dan di campur dengan nasi atau sayuran. 

2 comments: