Home » » Manfaat Garam

Manfaat Garam

Garam


Manfaat Garam - Taukah anda jika Garam memiliki manfaat yang luar biasa selain untuk penyedap rasa? Ya, garam yang dikenal dengan pelengkap masakan ini memiliki manfaat yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita terutama bagian kulit. Bagi kulit, garam berfungsi untuk mengelupas sel kulit mati. Untuk kecantikan, garam bisa digunakan sebagai lulur dan masker. Sangat mudah dan murah bukan, tak kalah hebat kasiatnya dengan produk - produk disalon atau produk kecantikan lainnya yang harganya sangat mahal.

Berikut ini berbagai manfaat dari Garam selain sebagai bumbu dapur.

Masker Wajah

Garam juga bisa digunakan sebagai masker wajah, yang berfungsi untuk menghilangkan jerawat dan mengurangi kulit berminyak yang berlebihan. Lakukan perawatan masker garam secara rutin, dan jangan lupa selalu membersihkan wajah agar terhindar dari jerawat.

Caranya :
Campur garam dengan buah - buahan seperti mentimun, tomat, apel dan lain - lain, lalu gunakan sebagai masker wajah, diamkan beberapa menit setelah kering bilas dengan air bersih.



Untuk Menghilangkan Alergi Pada Badan (Biduran)

Biduran pada wajah
Garam sangat ampuh untuk menghilangkah alergi pada kulit atau infeksi pada kulit, salah satu contoh adalah biduran / biduran karena alergi makanan atau hawa dingin. Jangan terlambat, bila timbul gejala biduran, segeralah mandi dengan air hangat dicampur dengan garam.

Caranya : 
Larutkan 1 genggam / lebih garam ke dalam air hangat [jangan air dingin]. Gunakan air garam tadi saat mandi, agar air garam dapat masuk kedalam pori - pori kulit.


Mengatasi Mata Lelah

Mata lelah
Kebanyakan melihat monitor dan sering berada diluar ruangan dapat menyebabkan mata lelah atau pun kantong mata. Tak perlu khawatir karen ada obat yang manjur yaitu dengan air garam. 

Caranya :
Larutkan 1 sendok teh garam ke dalam  ½ gelas air hangat, lalu celup kan kapas peras airnya lalu tempel kan pada mata, diamkan beberapa menit sampai kapas terasa dingin, ulangi lagi sampai mata anda terasa nyaman.

Mengurangi Minyak Pada Wajah

Wajah berminyak
Wajah berminyak adalah masalah bagi wanita. Banyak wanita yang mengeluh dan menggunakan berbagai kosmetik untuk mengatasinya. Padahal ada cara mudah untuk mengatasinya yaitu dengan air garam.

Caranya :
Larutkan 1 sendok garam ke dalam 1 gelas air hangat. Cuci muka anda dengan air tersebut diamkan beberapa menit sampai air garam kering, lalu cuci dengan air bersih. Lakukan secara rutin sebelum tidur.

Sebagai Pembersih Wajah


Pembersih wajah

Membersihkan wajah dengan garam dan minyak zaitun sangat bermanfaat untuk menghilangkan kotoran yang menyumbat pada pori - pori wajah.

Caranya : 
Campurkan garam 1 sendok dan 1 sendok teh minyak zaitun,  gunakan sebagai pembersih wajah. Pijit perlahan - lahan wajah anda hingga leher dengan menggunakan campuran tadi. lalu cuci wajah anda dengan air bersih.


Bermanfaat Sebagai Lulur

Lulur garam
Lulur garam juga bemanfaat untuk mengangkat sel kulit mati, dan dapat menghaluskan kulit. Tak perlu bayar mahal untuk mendapatkan kulit yang mulus.

Caranya :
Basahi tubuh anda dengan air dingin, lalu lumuri dengan garam, pijit perlahan - lahan layaknya anda menggunakan lulur saat akan mandi. Lalu bilas dengan air dan sabun hingga bersih.

Dapat Mengatasi Kulit Kering


Rendam kaki dengan air garam

Kulit yang kering akan terlihat mengganggu saat menggunakan pakaian pendek. Untuk mengatasinya bisa menggunakan air garam.

Caranya :
Rendam kaki kedalam air hangat yang sudah dicampuri oleh garam. Pijat perlahan - lahan bila perlu gosok kaki anda dengan menggunakan sikat lembut untuk menghilangkan bolot. Setelah itu bilas kaki dengan air bersih.


Demikianlah beberapa manfaat dari garam. Garam memiliki banyak manfaat. Jadi jangan beranggapan bahwa garam hanya dapat dibuat sebagai pelengkap masakan saja. Semoga bermanfaat.

3 comments: