Home » » Modul KEMAMPUAN DASAR DAN KARAKTERISTIK SENI

Modul KEMAMPUAN DASAR DAN KARAKTERISTIK SENI

Modul KEMAMPUAN DASAR DAN KARAKTERISTIK SENI - Berikut ini contoh dari Modul yang membahas tentang Kemampuan Dasar Dan Karakteristik Seni Anak SD. 


_______________________________________________________________________

MODUL
KEMAMPUAN DASAR DAN KARAKTERISTIK SENI ANAK SD


Kegiatan Belajar 1
Kemampuan Dasar Anak Sekolah Dasar

Perkembangan manusia dapat dibedakan menjadi 4 kategori, yaitu :
  1. Perkembangan kognitif, berhubung dengan perubahan – perubahan yang terjadi pada cara – cara berfikir seseorang.
  2. Perkembangan personal, marupakan perubahan – perubahan yang terjadi yang berkaitan dengan kepribadian.
  3. Perkembangan sosial, berhubungan dengan perubahan – perubahan yang terjadi pada diri seseorang, antara individu yang satu dengan lainnya.
  4. Perkembangan fisik, perubahan – perubahan yang terjadi pada tubuh manusia.

Perkembangan yang terjadi pada individu disebabkan oleh dua fakrot, yaitu :
Faktor pertumbuhan dan kematangan, perubahan – perubahan yang terjadi pada individu secara alamiah dan spontan.
  1. Faktor belajar, perubahan – perubahan yang terjadi dari interaksi individu dengan lingkungan sekitarnya.
  2. Anak Sekolah Dasar mempunyai karakteristik yang khas dalam hal fisik maupun psikologis, khususnya dalam tingkat intelektual, emosional, sosial, estetik, kreativitas dan daya perseptual serta pertumbuhan fisiknya.

A. KEMAMPUAN INTELEKTUAN ANAK

Menurut peaget (woolfolk and Nicolich, 1984:51) ada empat faktor yang mempengaruhi perkembangan manusia, yaitu :
  1. Kematangan, merupakan faktor paling dasar dalam perkembangan berfikir manusia.
  2. Aktivitas, aktivitas berfikir seperti observasi, oksplorasi, evalusi dan problem solving merupakan aktivitas berfikir yang turut andil dalam membangun kemampuan berfikir anak.
  3. Transmisi sosial, pengalaman belajar dari orang lain.
  4. Equilibration, faktor keseimbangan yang selalu diupayakan dalam berfikir.

B. KONDISI EMOSIONAL ANAK

Emosi berbeda dengan perasaan (feeling) yang bersifat tenang dan tertutup. Emosi menggambarkan suasana batin yang lebih dinamis, bergejolak dan terbuka.

Emosi sebagai aspek psikologis  mempunyai ciri-ciri yang khsa, yaitu :
  1. Lebih bersifat subyektif dibandingkan dengan peristiwa psikologis lainnya.
  2. Bersifat flukuatif. Emosi seseorang bisa berubah-ubah tergantung dari situasi dan kondisi.
  3. Banyak bersangkut paut dengan peristiwa panca indra.
Berdasarkan penyebab kemunculannya, emosi dikelompokkan menjadi dua macam yaitu :
  1. Emosi sensoris, emosi yang ditimbulkan oleh rangsangan dari luar tubuh.
  2. Emosi psikis, emosi yang kemunculannya mempunyai alasan-alasan kejiwaan, perasaan intelektual,  perasaan sosial., perasaan estesis, dan perasaan spiritual.

C. KONDISI SOSIAL ANAK

Pada masa Sekolah Dasar, anak erangsur-angsur  mulai menyadari  bahwa mereka merupakan bagian yang tak terpisahkan dari lingkungannya. Mereka mulai menaruh perhatian pada orang lain disekitarnya. Mereka mulai mencari teman akrab dan sudah mampu bekerja sama dengan mereka, mengikuti aturan – aturan kelompok.

Dalam hal ini guru bisa memberikan pembelajaran secara berkelompok agar anak didiknya dapat bersosialisasi dengan baik.

D. KONDISI PERSEPTUAL ANAK

Perseptual mengandung pengertian  kombinasi antara kognitif dan efektif. Secara intelektual, pada masa Sekolah Dasar anak sudah mampu mencerna informasi yang berasal dari luar dirinya apabilah dihubungkan dengan hal-hal yang sudah  diketahuinya.

E. KARAKTERISTIK FISIK ANAK

Masa Sekolah Dasar adalah masa dimana anak berada dalam proses pertumbuhan fisik yang sangat pesat. Pada masa ini anak menyukai kegiatan yang bersifat fisik.

Kegiatan – kegiatan  fisik ini dapat diarahkan pada permainan – permainan kelompok yang dampaknya sangat baik bagi perkembangan sosial mereka.

F. KARAKTERISTIK ESTETIK ANAK
Perasaan estetik merupakan suatu hal yang sifatnya alamiah yang dibawa anak sejak lahir, ini berarti secara alamiah sesungguhnya seseorang itu sudah mampu menangkap, mengalami atau merasakan keindahan yang ada disekitarnya.

G.  KONDISI KREATIF ANAK
Bakat kreatifitas anak sudah dibawa anak sejak dari lahir. Jika anak dapat difasilitasi dengan beragam teknologi pada zaman sekarang ono karena bakat setiap anak berbeda – beda.

_______________________________________________________________________

Demikanlah contoh dari Modul yang membahas tentang Kemampuan Dasar Dan Karakteristik Seni Anak SD. Semoga bermanfaat dan bisa dikembangkan bagi yang sedang memiliki tugas per-kuliahan.


0 comments:

Post a Comment