Home » » CINTA DAN KESUNYIAN 11 – 20 [KAHLIL GIBRAN]

CINTA DAN KESUNYIAN 11 – 20 [KAHLIL GIBRAN]



11
Orang yang tidak meminta nasehat akan menjadi bebal. kebebalannya akan membutakannya terhadap kebenaran, menjadikannya jahat, dan keras kepala, yang akan membahayakan manusia.

12
Engkau menyayangimu karena engkau lemah dihadapan penindas yang kuat, menjadi miskin di hadapan orang kaya yang tamak. Sebab inilah aku meneteskan air mata dan menghiburmu; dan dari balik tetesan air mataku aku melihat engkau dipeluk keadilan, tersenyum dan mengampuni orang yang menganiayamu. Engkaulah saudaraku dan aku mengasihimu.

13
Siapapun engkau – aku menyayangimu saudaraku, entah engkau beribadah di dalam gerejamu, bersujud di baitmu, atau sembahyang di masjidmu. Kita semua adalah cucu suci iman, karena pengetahuan agama yang mendalam ibarat lentik jari jemari kasih sayang dari Yang Maha Tinggi yang tunggal, tangan yang dibenamkan pada semua, menawarkan keutuhan roh untuk semua, antusias untuk menerima semua.

14
Tidak semua orang yang dibelenggu rantai adalah orang yang takluk; sebab terkadang belenggu rantai itu lebih baik dari pada kalung.

15
Harta yang kau jatuhkan ke dalam tangan yang layu, yang terulur kepadamu, adalah seperti mata rantai emas yang mempertautkan hatimu yang kaya dengan hati Allah yang penuh kasih sayang…..

16
Aku menjauhkan diri dari orang – orang yang merasa penghinaan itu sebagai sebuah keberanian dan kelembutan itu sebagai kepengecutan. Dan aku menjauhkan diri dari mereka yang mengatakan celoteh itu adalah suatu hikmat dan menganggap diam itu sebagai ketidak-tahuan.

17
Apapun yang dikasihi seorang anak akan senantiasa tetap tinggal di dalam hatinya sampai usia lanjut. Bahwasanya apa yang menjadi hal – hal yang terindah dalam hidup ini adalah ketika jiwa kita terus melayang – layang di atas tempat di mana kita pernah bersenang – senang.

18
Kesengsaraan bangsa – bangsa Asia adalah kesengsaraan dunia juga, dan apa yang mereka sebut sebagai kemajuan peradaban barat tak lebih dari makam hantu – hantu penyesatan yang tragis.

19
Ketika engkau menceritakan kesedihanmu pada sesamamu, maka engkau telah memberikan sebagian hatimu. Jika ia mempunyai kebesaran jiwa, ia akan berterima kasih kepadamu; sebaliknya jika jiwanya kerdil ia akan merendahkanmu.

20
Kekuasaan Imam menderaikan baitnya di atas tulang belulang para penyembah yang taat.

0 comments:

Post a Comment