Home » » Faktor Penyebab Kanker Payudara

Faktor Penyebab Kanker Payudara


Faktor Penyebab Kanker Payudara - Payudara adalah bagian tubuh terindah yang dimiliki setiap wanita. Namun bagaimana jika bagian terindah itu diangkat karena suatu penyakit?  Penyakit mematikan ke - 2 di dunia yaitu Kanker Payudara. Wanita adalah paling banyak menderita kanker payudara ini, meskipun penyebab utamanya belum diketahui secara pasti, namun banyak wanita yang meninggal akibat panyakit ini. Faktor keturunan adalah pemicu yang paling besar bagi penyakit ini. Jika ada riwayat di keluarga yang pernah memiliki penyakit ini, tidak bisa menyangkal jika salah satu keturunannya juga akan menderita kanker payudara juga. Oleh karena itu sangat berhati - hatilah bagi yang memiliki riwayat keluarga tentang penyakit mematikan ini. 

Berikut ini adalah beberapa yang mungkin menyebabkan timbulnya kanker payudara :
1. Riwayat keluarga yang menderita kanker payudara
Faktor keturunan (genetik) adalah faktor utama dalam pembentukan sel kanker. Gen keturunan yang meningkatkan risiko kanker. Mutasi gen tertentu yang meningkatkan risiko kanker payudara kemungkinan besar akan menurun dari orang tua kepada keturunannya. Mutasi gen yang dimaksud adalah BRCA1 dan BRCA2. Gen tersebut dapat meningkatkan risiko terkena kanker payudara dan kanker lain. Namun menurut fakta yang ada, sebagian wanita yang terkena kanker payudara tidak memiliki sejarah keluarga dengan kanker payudara. Jadi berhati - hatilah bagi semua wanita tentang penyakit ini.

2. Pola Makan yang tidak sehat
Pola makan yang tidak sehat juga dapat memicu kanker payudara. Seperti terlalu sering makan siap saji atau instan (terutama mie instan),  makanan kaleng, pemanis buatan, pewarna buatan. Karena semua itu terdapat banyak bahan kimia. Serta jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang berlemak. Selalu banyak minum air putih, buah - buahan dan sayuran. Jangan lupa untuk selalu berolahraga, karena wanita yang terlalu banyak makan namun jarang berolahraga akan memicu terkena serangan kanker payudara ini.

3. Penggunaan Pestisida dalam buah dan sayur
Cucilah sampai bersih  terlebih dahulu sebelum memakan buah dan memasak sayuran, agar pestisida yang lengket dapat hilang, karena pestisida beresiko meningkatkan kanker payudara bagi kaum wanita.

4. Perokok Pasif
Yang dimaksud dengan perokok pasif adalah orang tidak merokok tetapi menghidup asap rokok. Hal ini juga dapat menyebabkan timbulkan sel kanker payudara jika terlalu sering menghirup asap rokok. Perokok pasif maupun perokok aktif sama - sama beresiko. Oleh karena itu hindarilah jika ada orang sedang merokok, karena menghisap asapnya saja sama bahaya nya dengan sang perokok.

5. Bahan Kosmetik
Berhati - hatilah terhadap bahan - bahan kosmetik yang memiliki sifat seperti hormon estrogen. Sebagai contoh adalah deodoran. Senyawa kimia lingkungan yang mengimitasi aktivitas estrogen ditemukan dalam sel payudara. Salah satunya: parabens. Sedangkan parabens terkandung dalam sejumlah deodoran. Saat mengaplikasikan deodoran ke ketiak, inilah yang meningkatkan potensi parabens terserap ke dalam sel payudara melalui jaringan kulit. Namun parabens tak hanya terkandung dalam deodoran, tapi juga make-up, pasta gigi, pelembab, atau sabun mandi. Intinya kita jangan terlalu terpaku pada kosmetik, sesekali bebaskan diri kita dari kosmetik. Untuk deodoran, kita bisa menggunakannya dengan batui  tawas jika tidak sedang bepergian.

6. Bertambahnya Usia
Faktor usia juga dapat memungkinkan wanita terkena kanker payudara. Karena wanita yang lebih dari 60 tahun beresiko terkena kanker payudara. 

7. Wanita menyusui dan melahirkan anak pertama dibawah atas 35 tahun
Perlu diketahui, wanita yang melahirkan anak pertama di usia lebih dari 35 tahun, ternyata beresiko terkena kanker payudara. Oleh karena itu bagi wanita sebaiknya melahirkan anak pertama sebelum usia 30 tahun. 

8. Payudara Sering Di Remas
Mungkin bagi wanita muda, sangat di perhatikan dalam hal bercinta. Karena sering meremas payudara akan berakibat fatal dan menyebabkan kanker payudara. Oleh karena itu jangan terlalu sering meremas payudara agar terhindar dari penyakit mematikan ini.

9. Minuman beralkohol
Minuman ini bukan hanya berbahaya bagi tubuh saja, tetapi juga dapat menimbulkan sel kanker payudara. Tak hanya pada wanita saja, lelaki juga dapat kemungkinan terserang penyakit ini walaupun hanya sedikit kemungkinan. Jagalah kesehatan anda dengan tidak meminum minuman beralkohol.

10. Penggunaan Pil KB
Ternyata penggunaan Pil KB dalam jangka panjang juga dapat memicu sel kanker payudara tubuh. Pil KB menggunakan cara kerja yang hadir dengan memaksa perubahan hormon, dan ini adalah salah satu penyebab wanita menderita kanker payudara.

11. Memakai Bra saat tidur 
Memakai Bra terlalu ketat adalah pemicu sel kanker payudara tumbuh. Usahakan selalu melepas Bra disaat tidur. Biarkan payudara anda rilex saat tubuh juga sedang beristirahat.

Cintailah seluruh anggota tubuh anda dengan gaya hidup sehat, agar terhindar dari penyakit yang mematikan seperti kanker payudara ini. Dengan pola makan yang sehat dan teratur sama halnya dengan menjaga kekebalan tubuh, dan menolak segala jenis penyakit. 

0 comments:

Post a Comment