Home » » 10 Cara Mengatasi Rambut Bercabang

10 Cara Mengatasi Rambut Bercabang

Rambut rusak dan bercabang

10 Cara Mengatasi Rambut Bercabang - Mempunyai rambut panjang yang indah adalah idaman semua wanita. Bahkan kaum adam pun banyak yang menyukai wanita yang memiliki rambut panjang. Taukah anda ternyata memiliki rambut panjang itu butuh perjuangan dan perawatan yang tidak mudah tentunya. Berbeda dengan rambut pendek yang simple dan tidak banyak masalah. Masalah yang sering dialami pada wanita yang berambut panjang adalah rontok dan bercabang. Hal ini sangat mengganggu penampilan tentunya. Bagaimana tidak, kita pastinya akan risih jika melihat rambut panjang tetapi bercabang dan tidak sehat. Biasanya jalan pintas untuk mengatasi rambut bercabang ini adalah dengan "Memotong Rambut". 

Setelah memotong rambut, usahakan untuk merawat secara teratur, agar rambut kita sehat dan terhindar dari kerusakan. Berikut ini cara mengatasi rambut bercabang. 

  • Hindari Menggosokkan Rambut Pada Handuk Saat Sehabis Keramas
Pantangan yang terbesar bagi yang memiliki rambut panjang adalah saat sehabis keramas. Hindari menggosokkan rambut pada handuk saat mengeringkan rambut sehabis keramas, karena akan mengakibatkan rambut bercabang disebabkan adanya tekanan dan gesekan saat kita mengeringkan rambut dengan handuk. Cara yang aman adalah dengan menekan - nekan rambut di handuk dari ujung hinggal pangkal rambut atau bisa juga menutup rambut dengan handuk tanpa harus menekan - nekan, handuk dengan sendirinya akan menyerap air yang ada di rambut. Gunakan handuk yang lembut supaya dapat menyerap air yang tinggi saat kita mengeringkan rambut.

  • Merawat Rambut Dengan Kondisioner
Setelah keramas usahakan menggunakan kondisioner, usapkan merata pada batang hingga ujung rambut, usahakan jangan terkena kulit kepala, karena fungsi kondisioner hanya untuk batang rambut saja. Diamkan beberapa menit lalu bilas dengan air. Dengan kondisioner, rambut kita akan terasa lembut dan tidak kusam. sehingga akan terhindar dari yang namanya bercabang, usahakan menggunakan kondisioner yang cocok dengan jenis rambut anda, jika tidak cocok, maka akan menjadi fatal rambut akan mengalami bercabang, kasar dan kusam.

  • Jangan menggunakan air hangat terlalu sering saat keramas
Penggunaan air hangat saat keramas yang terlalu sering juga tidak baik pada rambut, karena kutikula rambut akan meregang jika terkena panas (air hangat / karena sengatan matahari). Jika sekali - kali karena hawa dingin, tidak apa - apa asal jangan setiap kali keramas menggunakan air hangat. Jika terlalu sering berada di bawah terik matahari, usahakan menggunakan pelindung / penutup kepala. Selain untuk melindungi wajah, juga bisa melindungi rambut dan kulit kepala.

  • Gunakan Sisir yang Tepat
Sebelum keramas usahakan menyisir rambut terlebih dahulu agar saat keramas rambut mudah diatur dan tidak kusut. Setelah keramas pun perlu disisir, gunakan sisir yang tepat, sisir yang bergigi jarang adalah pilihan yang tepat atau bisa juga dengan sisir yang mempunyai bantalan bulat pada ujungnya. Agat rambut terhindar dari kusut, kusam, dan bercabang.

  • Biarkan Rambut Terurai Saat Tidur
Biarkan rambut anda bebas saat tidur, jangan mengikatnya, karena selama seharian rambut kita melakukan berbagai aktivitas, ikatan yang terlalu kencang juga memperngaruhi pada kesehatan rambut seperti saat kita melepas ikatan rambut secara paksa, maka batang dan akar rambut bisa tercabut yang mengakibatkan patah dan bercabang. Gunakan ikat rambut yang elastis. Oleh karena itu saat tubuh kita beristirahat, biarkan rambut kita juga ikut beristirahat. Usahakan meletakkan rambut di atas bantal, agar rambut tidak tergeser - geser dengan kepala kita yang menyebabkan rambut patah dan bercabang. Karena jika tidak selain membuat rambut kita patah/bercabang juga dapat menyebabkan jerawat jika rambut kita terkena wajah saat kita sedang tidur.

  • Jangan Terlalu Sering Menggunakan Pemanas Rambut
Ingin tampil beda dan cantik, itu memang suatu keharusan, tapi jangan terlalu sering menyiksa rambut anda dengan menggunakan pemanas rambut seperti hair dryer, curling iron, flat iron, dan alat-alat styling dengan panas tinggi. Jangan setiap hari memakainya karena akan membuat rambut menjadi kering dan bercabang pada ujungnya. Gunakanlah sesuai keperluan, setelah menggunakan pemanas rambut usahakan merawat rambut anda dengan kondisioner atau krim rambut. Untuk menjaga kelembaban rambut anda.

  • Potong Ujung Rambut Jika Terlanjur Bercabang
Memotong rambut adalah cara yang ampuh jika sudah terlanjur bercabang, namun setelah memotong bagian ujung rambut yang bercabang, lakukan perawatan rutin seperti menggunakan kondisioner, hair treatment, dan manjakan rambut dengan creambath sesekali. Jangan biarkan rambut anda bercabang untuk kesekian kalinya. 

  • Hindari Cat Rambut Tanpa Perawatan
Mengecat rambut untuk tampil beda boleh - boleh saja, namun jangan lupa untuk merawatnya, karena dalam cat rambut apalagi cat rambut yang sangat murah terdapat bahan kimia yang membahayakan rambut, sehingga berakibat rambut akan menjadi kusam dan patah - patah. Rawatlah rambut anda dengan masker rambut, cream rambut, kondisioner, vitamin rambut dan lain - lain. Agar rambut anda tetap terjaga kelembabannya dan tidak rusak.

  • Makanan dan Minuman
Makanan yang sehat, banyak makan buah dan sayur serta banyak minum air putih juga sangat berpengaruh pada rambut. Jangan sepelakan dua hal tersebut. Rambut memiliki bahan utama yang sama dengan kuku, yakni keratin. Coba perhatikan jika kuku anda kusam maka rambut anda juga akan mengalami masalah. Asupan nutrisi dari dalam lebih bermanfaat daripada penggunaan perawatan dari luar. Sebanyak apapun krim perawatan rambut mahal yang digunakan, jika tubuh mengalami kekurangan nutrisi, rambut dan kulit akan tetap terlihat kusam. Perhatikan konsumsi makanan dan hindari makanan yang berkalori dan kolesterol tinggi.
  • Jangan Keramas Setiap Hari
Ini perlu di perhatikan, membersihkan rambut terlalu sering ternyata juga tidak baik. Kenali jenis rambut anda terlebih dahulu, jika rambut anda berminyak tidak masalah untuk mencuci rambut anda setiap hari, namun jika rambut anda tergolong normal / kering, keramas setiap hari adalah masalah. Karena dengan keramas setiap hari, kandungan minyak alami yang terdapat di dalam rambut akan hilang yang menyebabkan rambut menjadi kusam, kering, kusut dan akhirnya bercabang pada ujungnya.




















0 comments:

Post a Comment