Home » » Cara Mengobati Sariawan Secara Alami

Cara Mengobati Sariawan Secara Alami

Penampakan Sariawa

Cara Mengobati Sariawan Secara Alami - Sariawan adalah luka yang timbul di area mulut. Sariawan biasanya muncul ketika tubuh kita kekurangan vitamin C [bukan cium logh], stress berat [biasanya terjadi di akhir bulan, tanggal tua], kelelahan, dan daya tahan tubuh menurun. Sariawan memang bukanlah tipe penyakit yang gawat dan bisa sembuh secara perlahan, namun dalam jangka waktu lama sekitar 7 - 10 hari, apakah anda tahan dengan rasa sakit yang selalu muncul ketika mulut digerakkan?

Penderitaan Sariawa

Berikut ini cara - cara untuk mengobati sariawan secara alamai :

  • Minum Air Jeruk Nipis
Ini adalah cara yang sangat manjur dan ampuh. Jika anda tahan anda bisa langsung memakan jeruk nipis. Atau bisa juga anda tempelkah jeruk nipis yang sudah diiris ke bagian luka sariawan. Dijamin anda akan menjerit kesakitan hehehehe. Namun jika tidak tahan dengan kecutnya, anda bisa mencampurkannya dengan air dingin / air hangat.

  • Memakan Sambel Super Hot
Mungkin ini kedengarannya tidak masuk akal. Namun beberapa orang menyarankan saat sariawan cobalah untuk memakan sambel yang pedas, sesekali tempelkan sambel pada sariawan. Sariawan akan sembuh dalam beberapa hari saja karena sariawan merasa telah anda bantai dengan sambal yang super pedas. Sariawan tidak akan lama tinggal di mulut anda.

  • Kumur Dengan Abotil
Ini juga merupakan cara pembantaian sariawan secara kasar. Cukup teteskan Abotil pada bagian sariawan.  Memang perih, namun manjur 100% karena sariawal akan mengering seketika. Jika takut dengan perihnya, ada cara yang agak halus yaitu kumur dengan abotil, caranya teteskan beberapa tetes Abotil pada 1 gelas air, lalu kumur lah dengan air tersebut.

  • Kumur Dengan Air Daun Sirih
Daun sirih memang memiliki segudang manfaat, selain untuk menghilangkan keputihan, juga dapat mengobati sariawan. Caranya rebus daun sirih hingga mendidih, lalu dinginkan, setelah itu kumur - kumur lah dengan air daun sirih.

  • Kumur Dengan Air Garam
Ini yang paling mudah karena di setiap rumah pasti tersedia garam. Kumur - kumurlah dengan garam yang dicampur dengan air hangat. Lakukan minimal 3x sehari. Juga aman jika tertelan.

  • Perbanyak Makan Buah yang Mengandung Vitamin C
Sekali - kali manjakan diri saat sariawan dengan meminum jus tomat, jus jeruk, jus apel,  mangga muda, pepaya karena akan mempercepat penyembuhan sariawan.

  • Minum Vitamin 
Belilah Vitamin C di toko terdekat untuk mempercepat sembuhnya sariawan. Bila perlu tempelkan vitamin C tersebut pada sariawan.

  • Minum Obat Penyembuh Sariawan
Jika anda malas dengan cara alami, anda bisa membelinya di toko - toko terdekat, seperti Adem Sari, La Segar dan sejenisnya.

Double Sariawan

Demikianlah cara - cara untuk menyembuhkan sariawan. Sariawan juga bisa timbul karena gigitan, kadang saat kita makan, tanpa sengaja bibir, lidah, atau dinding pipi kita ikut tergigit. Oleh karena itu berhati - hatilah saat anda sedang makan. Jangan terlalu terburu - buru. Semoga Bermanfaat.

1 comments:

  1. Terimakasih, tips ini sangat bermanfaat bagi saya, karena kebetulan sudah seminggu saya terkena sariawan, rasanya sangat mengganggu sekali!

    ReplyDelete